Senin, 01 Desember 2014

Tentang Tulisan Gue

Assalamu'alaikum, selamat malam guys.

Alhamdulillah bisa nulis lagi dan kembali hadir buat kalian. Kenapa gue suka nulis? karena dengan nulis apa yang gak bisa gue ucapin bisa gue sampaikan disini. terkadang kalau kita bicara, orang gak paham apa yang kita maksud atau pemikiran kita beda, atau informasinya kurang lengkap. Dengan nulis gue bisa ngungkapin semua yang terlintas di pikiran gue dan terbersit di hati gue. Daripada disimpan di hati aja jadi penyakit, mending dijadiin tulisan.

Sayangnya, ketika gue udah mulai nulis, sangat sulit untuk menghentikannya. Ide-ide bakalan banyak bermunculan di kepala gue, mungkin pembaca bisa liat, tulisan-tulisan gue lumayan panjang, itupun gue udah berusaha buat mempersingkatnya. Gue takutnya jika tulisan gue terlalu panjang, pembaca akan bosan buat ngebacanya dan malah jadi boring. 

Tapi di sisi lain, ketika gue berusaha mempersingkat tulisan gue, ide-ide yang udah banyak bermunculan tadi malah gak semuanya bisa tersampaikan. Terkadang ada ide yang menarik untuk diceritakan tapi karena di persingkat, malah hilang dan gak muncul di tulisan. Mungkin solusinya nanti gue bakalan coba bikin tulisan gue jadi 2 part jika terlalu panjang.

Mengenai tema tulisan, awalnya gue niat bikin blog ini karena gue terinspirasi dari blog Raditya Dika. Disana dia cerita tentang kehidupannya dengan cara yang lucu. Gue juga tertarik untuk ceritain kisah hidup gue karena banyak hal-hal gokil yang menurut gue bagus untuk diceritain.

 Alasan kedua karena akhir-akhir ini blog nya "Kaesang", anak presiden RI, tiba-tiba bersinar. Awalnya gue tau blog Kaesang dari baca berita di salah satu portal. komentar yang bermunculan di postingan itu katanya blog si Kaesang itu lucu banget,gokil banget, kreatif banget, tulisannya bisa nyamain Raditya Dika, gak kalah sama penulis professional dan berbagai komentar positif lainnya. Kemudian gue telusuri sendiri blog nya si Kaesang ini, dan setelah gue baca, ternyataaa..... sangat jauh dari komentar-komentar tadi. Blog nya biasa aja, gak lucu (semoga aja gue gak ditangkap Densus 88). ya, itu menurut pendapat gue sih. Akhirnya gue merasa tertantang untuk buat blog yang menarik.

 Mungkin pengunjung sadar bahwa tulisan gue ini gak ada manfaatnya buat kehidupan. Haha.. Gue pun niatnya cuma pengen cerita-cerita aja, bagi-bagi kisah hidup gue. Namun pada suatu ketika ada yang nyaranin buat sesekali bikin cerita yang menggugah gitu. misalnya cerita motivasi, atau sejenis itu. Gue mulai berpikir benar juga ya. Dan akhirnya gue putusin mungkin nanti gue akan bahas tema yang lain selain cerita hidup gue. Gue tertarik sama sejarah, mungkin nanti gue juga akan bahas sejarah. Sebelumnya gue juga udah pernah bikin beberapa buah cerpen yang 2 diantaranya gue posting disini. Cerpen-cerpen yang lain akan segera menyusul.

 Gue itu pengen nulis cerita yang benar-benar bisa menghibur pembaca. Makanya gue berusaha nulis sebaik mungkin. Saking seriusnya, ketika mendadak sebuah ide muncul, seharian gue bakalan bikin konsep ceritanya, kuliah pun gak konsen, lagi boker pun gue berusaha nyusun bahan cerita. Tetapi gak semua tulisan yang gue konsepin terlebih dahulu, lebih sering ide itu muncul ketika gue nulis langsung di blog. Seperti sekarang ini, yang awalnya gak tau mau ngomong apa, tiba-tiba aja udah jadi suatu cerita. Intinya ada ide, langsung ketik, ada ide lagi, ketik lagi, hingga membentuk suatu kesatuan.

Yup, gue gak tau mau ngomong apa lagi, mungkin gue cukupin segini dulu. gue akan terus berkarya, menuangkan pemikiran gue dan menghibur pengunjung. Gue harap, ada pelajaran yang bisa diambil dari kisah gue. Karena gue percaya, "Tulisan bisa mengubah Dunia". Mungkin tulisan gue masih banyak kekurangan, tapi semoga aja seiring berjalannya waktu, tulisan gue makin baik. Aamiin... Wassalam.



4 komentar:

  1. Refleksi kejadian sekitar, pake bahasa sendiri, itu akan mempermudah buat nulis dan menemukan ide nulis menurutku. Kembangin lagi ya Rey! Semangat!

    BalasHapus